Follow me on Twitter

Pengertian Kewirausahaan

Posted in



Kewirausahaan Dan Etika Profesi



 Menurut saya pribadi, kewirausahaan merupakan suatu proses dimana kita menciptakan sesuatu berupa produk atau jasa dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan memperoleh keuntungan.sesuatu yang baru (kreasi baru). Membuat sesuatu yang baru atau berbeda dari yang sudah ada (inovasi) dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan individu dan nilai tambah bagi masyarakat dengan semangat, sikap, perilaku dan kemampuan dalam menangani usaha atau kegiatan. Pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru. Etika merupakan pandangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik, serta bagaiamana sikap kita dalam berperilaku dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, teman atau di lingkungan kerja.
Dengan demikian Kewirausahaan Dan Etika Profesi khususnya di Bidang Ilmu Komputer merupakan suatu proses dimana kita berinovasi dalam menciptakan sesuatu hal yang baru, baik berupa produk atau jasa yang dihasilkan dan bagaimana cara kita bersikap atau berprilaku dalam berwirausaha baik dari segi produk yang dihasilkan, pemasaran, pelayanan dan lain sebagainya. Saya ambil contoh misalnya ketika kita menciptakan suatu produk baik itu berupa software, aplikasi atau produk lainnya. Maka bagaimana cara atau sikap kita kepada pelanggan atau mungkin khalayak umum, untuk menerangkan produk yang kita hasilkan atau ciptakan. Bagaimana sikap kita dalam menjawab hal-hal yang mungkin kurang dimengerti oleh pelanggan. Selain bergelut dalam bidang IT tentunya kita juga wajib berusaha untuk mengasah etika kita, agar mempunyai kepribadian yang baik. Mampu menanamkan etika yang kita miliki di dalam berbagai profesi yang kita tekuni.  Kemudian saya ambil contoh etika profesi Customer Service di perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dan sebagainya. Bagaimana cara mereka berbicara, mulai dari memberi salam “Selamat Pagi”, menayakan pertanyaan dan seterusnya.
Akhir kata, etika seseorang yang berprofesi sebagai wirausaha tentu harus memiliki etika yang baik pula. Baik buruknya etika yang kita miliki berpengaruh besar terhadap pekerjaan atau profesi yang kita tekuni. Etika perlu kita perhatikan karna menurut saya pribadi etika seseorang mencerminkan kepribadian dari orang tersebut. Serta berwirausahalah karena dengan berwirausaha kita dapat mengembangkan kreativitas serta inovasi yang kita miliki ke dalam sesuatu yang tentu memiliki ciri khas tersendiri.
Mohon maaf bila ada kata atau kalimat yang kurang berkenan. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih …..

0 komentar:

Posting Komentar

Ads 468x60px

Featured Posts